Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 15 August 2018
Foto_upload_epid_1

Pelatihan Epidemiologi Veteriner

Rabu, 31 Mei 2006

Pelatihan Epidemiologi Veteriner telah diselenggarakan oleh Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) bekerjasama dengan Direktorat Kesehatan Hewan dan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan, Republik Indonesia. Pelatihan yang berlangsung selama tiga (3) hari tersebut diadakan di Kompleks Bumi, PMPSDMP (Pusat Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian), Ciawi – Bogor, dari tanggal 29 sampai dengan 31 Mei 2006.
Foto_upload_epid_2
Tiga puluh delapan (38) peserta telah terdaftar mengikuti pelatihan tersebut dan memperoleh sertifikat. Mayoritas peserta adalah dokter hewan wakil dari dinas peternakan tingkat propinsi dan kabupaten di Indonesia. Sebagian lain peserta adalah dokter hewan yang duduk di direktorat jenderal peternakan dan dokter hewan yang mewakili beberapa balai penelititan di bidang veteriner di Indonesia, seperti balai penelitian veteriner, balai besar veteriner dan balai pengujian mutu dan sertifikasi obat hewan. Selain dokter hewan yang mewakili pemerintah (departemen pertanian), lima (5) orang peserta berasal dari lingkup swasta, yaitu dokter hewan yang mewakili perusahaan obat hewan, dokter hewan yang bekerja di pig-breeding farm dan dokter hewan yang bekerja di laboratorium bertaraf internasional milik Amerika Serikat.

Pelatihan Epidemiologi Veteriner yang merupakan pelatihan epidemiologi tahap awal tersebut dibuka secara resmi pada hari pertama pelatihan, tanggal 29 Mei 2006, pukul 08.30 WIB oleh Dr. drh. H. Soehadji; mantan Dirjen Peternakan yang juga merupakan salah satu tokoh yang duduk sebagai Badan Penasehat CIVAS. Hadir juga dalam acara Pembukaan tersebut wakil dari Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan, drh. Yudi Prastowo, dan Direktur Eksekutif CIVAS, drh. Albertus Teguh Muljono.

Pelatihan dimulai pada pukul 08.30 WIB setiap harinya dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Satu hari pelatihan menampilkan empat (4) sesi materi yang diikuti dengan diskusi di akhir masing-masing sesi yang dipandu oleh moderator atau dipandu secara langsung oleh pemateri. Di sela-sela sesi materi, disediakan break time untuk rehat sehingga peserta diharapkan tidak bosan dan tetap bersemangat mengikuti keseluruhan materi selama pelatihan.

Hari Pertama Pelatihan Epidemiologi Veteriner menampilkan Dr. Drh. H. Soehadji dengan judul materi “Sistem Kesehatan Hewan Nasional” pada Sesi II. Staf Pengajar FKH-IPB, drh. R. Roso Soejoedono, MPH, DEA menyampaikan dua (2) materi pada dua (2) sesi terakhir di hari pertama pelatihan tersebut, dengan judul materi “Pengertian, Ruang Lingkup dan Tujuan Epidemiologi” dan “Pattern of Disease”.

Salah satu founders CIVAS yang sekaligus duduk sebagai Badan Pengurus CIVAS, drh. Tri Satya Putri Naipospos, M.Phill, Ph.D, memberikan dua (2) materi berturut-turut pada Sesi I dan Sesi II di hari Kedua pelatihan. Di Sesi I, tokoh yang akrab disapa Ibu Tata tersebut menyampaikan materi dengan judul “Pengukuran Parameter Penyakit”, yang kemudian dilanjutkan dengan materi “Konsep Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Hewan Menular dan Early Warning System” pada Sesi II setelah rehat berlangsung. Sesi III dan IV yang berlangsung setelah waktu makan siang, menampilkan pemateri yang merupakan ahli epidemiologi dari FKH-UGM, Prof. Dr. drh. H. Bambang Sumiarto, SU, M.Sc. Judul materi yang beliau sampaikan pada dua sesi terakhir Hari Kedua pelatihan tersebut adalah “Teknik Sampling dan Besaran Sampel” dan “Screening Test”.

Di Hari Ketiga pelatihan, peserta tampak tetap bersemangat mengikuti sesi-sesi yang menampilkan dua (2) pemateri. Ir. Etih Sudarnika, M.Si, Staf Pengajar di FKH-IPB yang ahli dalam bidang biostatistika dan epidemiologi menyampaikan materi “Studi Epidemiologi” pada Sesi I dan materi dengan judul “Manajemen Data Epidemiologi” pada Sesi IV. Pada Sesi II dan III, kembali ditampilkan tokoh lain dalam bidang epidemiologi dari FKH-UGM Jogjakarta, Prof. drh. Setyawan Budiharta, MPH, Ph.D. Materi yang beliau sampaikan pada Hari Ketiga pelatihan tersebut menampilkan judul “Investigasi Wabah” dan “Surveillance Epidemiologi”.

Secara keseluruhan, Pelatihan Epidemiologi Veteriner yang berlangsung di Aula A, Kompleks Bumi – dan masih merupakan satu lokasi dengan lokasi penginapan peserta pelatihan – berjalan dengan lancar sampai pada acara Penutupan pada hari terakhir rangkaian pelatihan, 31 Mei 2006, pukul 17.00 WIB. Pelatihan tersebut ditutup secara resmi oleh drh. Albertus Teguh Muljono, Direktur Eksekutif CIVAS, yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian sertifikat dan compact disc berisi materi pelatihan dan biodata peserta dan pemateri pelatihan.

Berdasarkan hasil kuisioner yang dibagikan kepada seluruh peserta pelatihan, hampir keseluruhan dari para peserta mengharapkan untuk kelanjutan kegiatan pelatihan. Beberapa tema yang diusulkan peserta untuk kegiatan pelatihan berikutnya antara lain adalah, pelatihan epidemiologi lanjutan dengan praktik teknik-teknik penggunaan software dalam data epidemiologi, pelatihan analisa resiko, pelatihan penanganan hewan piaraan dan satwa liar, pelatihan ekonomi veteriner dan pelatihan pembuatan rencana strategis dan pembuatan Standard Operation Procedure (SOP) di daerah-daerah. ***Foto_upload_epid_2